TerminalWisata.com

Info Wisata Indonesia Terlengkap

Terminalwisata.com – Prambanan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bersejarah yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jogja. Deretan Candi yang menjulang disertai dengan cerita yang melingkupi setiap aspeknya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tidak hanya itu saja, ternyata banyak sisi lain yang belum terungkap dari kawasan wisata di Prambanan tersebut. Artikel ini akan menyajikan sisi lain dari kawasan wisata di Prambanan yang menarik untuk dibahas.

wisata di Prambanan
Candi Prambanan (Gambar : pixabay.com)

Kawasan Wisata di Prambanan

Komplek wisata Candi Prambanan tidak hanya menyuguhkan keindahan dan keagungan deretan candi-candi Hindu saja. Namun di sisi lain juga menyajikan beberapa hal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berikut ini akan disajikan sisi lain dari kawasan wisata di Prambanan.

  1. Wisata Sejarah Sekaligus Religi

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia. Menurut prasasti Siwaghra, candi tersebut diperuntukkan untuk Dewa Siwa, sehingga terdapat Candi Dewa Siwa (candi induk) yang diapit oleh dua candi lainnya yaitu Candi Dewa Brahmana dan Candi Dewa Wisnu.

  1. Adanya Budaya Toleransi di Area Candi Prambanan

Masih di sekitar komplek Candi Prambanan terdapat candi lain yang lebih kecil, yaitu Candi Sewu. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata Candi Sewu merupakan candi Buddha bukan Hindu. Hal tersebut menandakan bahwa sejak dahulu umat Hindu dan umat Buddha hidup rukun berdampingan.

  1. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana merupakan pertunjukan tari yang mengisahkan antara Rama dengan Sinta. Pertunjukan tersebut dilaksanakan di area Candi Prambanan dengan latar ketiga candi yang disoroti lampu. Jika Anda menginginkan pertunjukan yang berbeda datanglah pada malam bulan purnama setiap bulannya pada pukul 20.00 – 22.00.

  1. Cerita Rakyat yang Keliru

Legenda yang mengisahkan bahwa Candi Prambanan dibuat oleh Bandung Bondowoso ternyata salah. Faktanya dalam prasasti Wantil atau Siwaghra, Rakai Pikatanlah yang mendirikan bangunan candi tersebut.

  1. Siwaghra, Nama Asli Candi Prambanan

Tanpa Anda ketahui, Candi Prambanan ternyata mempunyai nama lain. Siwaghra dalam bahasan Sanskerta berarti Rumah Siwa yang menunjukkan nama asli dari Candi Prambanan. Nama tersebut diperkirakan diberikan pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

Demikianlah beberapa sisi yang menarik mengenai wisata di Prambanan yang wajib kalian ketahui. Masih banyak sisi lain yang belum dibahas di artikel ini. Jika kalian mempunyai cerita mengenai sisi lain dari kawasan di Prambanan, ditunggu ya ceritanya. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *