TerminalWisata.com

Info Wisata Indonesia Terlengkap

https://lh4.googleusercontent.com/PDAz1EssL6eSs5JoEbuiuQB8QFm45acC-3jif6u3KzHMb0SpfeuSAU3jKfdFM795L66uAYHqTMGmb07JV1B375o0Cq8SL8boL6Z-mbXXNz5drgnBKaEVUiGimLUBhQbWONj-iGkS

Kalau ngomongin soal pinjaman cepat, sudah pasti nggak lepas dari perusahaan fintech atau financial technology yang keberadaannya kini populer dan banyak digunakan masyarakat Indonesia. Berdasarkan laporan yang dirilis dalam situs OJK, saat ini tercatat ada 160 perusahaan fintech yang telah terdaftar dan memiliki izin dari OJK. Dua di antaranya adalah Kredivo yang merupakan akses kredit instan online dan TunaiKita yang merupakan fintech P2P lending. 

Kebetulan beberapa waktu lalu, saya sempat mencoba mengajukan pinjaman cepat di kedua fintech tersebut. Dalam hal pinjaman cepat, baik Kredivo maupun TunaiKita menurut saya memiliki kelebihan masing-masing yang menarik untuk diulas. Terutama dari segi suku bunga, proses pengajuan pinjaman, hingga waktu pencairannya yang cepat sebagai salah satu keunggulan fintech. 

Perbandingan Fasilitas Kredit & Pinjaman Kredivo vs TunaiKita

Sebagai akses kredit instan online dengan platform aplikasi, Kredivo menawarkan tiga fasilitas kredit utama yaitu bayar dalam 30 hari tanpa bunga, cicilan 3/6/12 bulan, dan pinjaman cepat tunai. Kredivo juga menawarkan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta (non tunai) bagi pengguna yang mendaftarkan diri sebagai akun Premium. Nah, saya sendiri termasuk pengguna Premium (terdaftar sejak awal 2019) yang dapat limit dua digit dari Kredivo meskipun nggak sampai Rp 30 juta. 

Dengan Kredivo, saya bisa bertransaksi di ratusan e-commerce dan toko offline yang sudah resmi menjadi partner & bekerja sama dengan Kredivo. Contohnya untuk e-commerce: Bukalapak, Tokopedia, Lazada. Ada juga Erafone, Xiaomi, Electronic City, Optik Tunggal, Fabelio, dll untuk toko offline. Bukalapak dan Tokopedia adalah dua e-commerce langganan di mana saya sering bertransaksi pakai Kredivo baik dengan metode bayar 30 hari atau cicilan tenor tanpa uang muka. 

Limit yang saya miliki di akun Kredivo, bisa juga dicairkan dalam bentuk pinjaman cepat. Di aplikasi Kredivo, ada dua fitur pinjaman yang bisa saya gunakan: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini untuk pinjaman mulai dari Rp 500 ribu dengan tempo maksimal 30 hari, sedangkan pinjaman jumbo untuk pinjaman besar mulai dari Rp 1 juta dengan opsi tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan maksimal. 

Kalau TunaiKita, adalah fintech P2P lending dengan platform aplikasi yang produknya terbagi menjadi dua, yaitu pinjaman jangka pendek dan cicilan. Untuk pinjaman jangka pendek, berlaku untuk minimum pengajuan mulai Rp 400 ribu sampai Rp 4 juta dengan pembayaran sekaligus tanpa dicicil (dalam 30 hari). Sedangkan pinjaman dengan cicilan, berlaku untuk minimum pengajuan mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 20 juta dengan opsi tenor 3 bulan atau 6 bulan. 

Dari sisi produk, menurut saya Kredivo lebih multifungsi dan bisa digunakan untuk segala kondisi. Mau cicilan barang bisa, mau transaksi belanja bisa, dan mau mengajukan pinjaman cepat pun bisa. Sementara TunaiKita, produknya memang khusus untuk pengajuan pinjaman saja dan lebih spesifik. 

Suku Bunga Pinjaman Kredivo vs TunaiKita

Ngomongin pinjaman, yang nggak boleh terlewat tentu saja soal besaran suku bunga. Karena suku bunga adalah yang paling memengaruhi besar kecilnya angsuran pinjaman yang harus kita bayar per bulannya. Dua minggu lalu, saya nyoba ngajuin pinjaman Rp 1 juta di Kredivo dengan tenor 3 bulan. Suku bunga Kredivo adalah 2,6% untuk cicilan barang atau pinjaman. 

Dengan pinjaman Rp 1 juta dan suku bunga 2,6%, total pinjaman saya keseluruhan menjadi Rp1.078.020. Dicicil selama 3 bulan dengan total cicilan per bulannya hanya sebesar Rp 359.340. Ada biaya admin juga yang dipotong dari jumlah pinjaman, yaitu sebesar 6% atau Rp60.000 dari jumlah yang saya ajuin. Jadi, pinjaman yang saya terima totalnya adalah Rp940.000.

Di TunaiKita, saya pernah coba-coba mengajukan pinjaman buat bahan perbandingan aplikasi fintech. Untuk pinjaman jangka pendeknya, suku bunganya sekitar 0,8% per hari. Jadi, kalau ngajuin Rp 1,5 juta, maka total pengembaliannya kurang lebih bisa sekitar Rp 1,8 juta. Untuk yang produk cicilan, suku bunganya lebih variatif, mulai 3% sampai 8% persen per bulan tergantung dengan nominal pengajuan. 

Melihat suku bunga, Kredivo bisa disimpulkan memiliki tingkat suku bunga yang lebih rendah dibanding TunaiKita untuk jenis produk pinjaman yang sama: pinjaman cepat atau jangka pendek. Meskipun lebih tinggi, berdasarkan informasi yang saya baca mengenai aplikasi fintech atau pinjaman online, suku bunga TunaiKita masih sesuai & mengikuti yang diimbau oleh OJK dan Asosiasi Fintech. 

Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Kredivo vs TunaiKita

Seperti yang kita ketahui sama-sama, fintech terkenal dengan kemudahannya dalam hal persyaratan dan pengajuan pinjaman. Kalau mau daftar Kredivo, syaratnya ada 3, yaitu:

  1. WNI berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulannya. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Pendaftar Kredivo juga harus memiliki: 

  1. KTP asli. 
  2. NPWP atau akun internet banking sebagai bukti penghasilan (diunggah/disambungkan ketika mendaftar). 
  3. Akun e-commerce yang aktif dan ada riwayat transaksinya (disambungkan ketika mendaftar). 

Untuk pendaftaran TunaiKita, syaratnya yaitu: 

  1. WNI berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. 
  2. Memiliki KTP, NPWP, dan bukti penghasilan (slip gaji atau rekening koran). 
  3. Memiliki rekening bank lokal (BCA, BNI, Mandiri, BRI, Permata, Mega, Danamon, dll)
  4. Berdomisili di wilayah Jabodetabek. 

Pengajuan pinjaman Kredivo ataupun TunaiKita dilakukan melalui platform aplikasi yang dapat diunduh gratis di Google Play Store (untuk Android) atau App Store (untuk iOS).

Waktu Pencairan Pinjaman di Kredivo vs TunaiKita

Baik Kredivo ataupun TunaiKita sama-sama menjanjikan untuk memproses pengajuan pinjaman dalam waktu minimal 1 x 24 jam. Begitu pula dengan waktu pencairan pinjaman sejak persetujuan, minimal 1 x 24 jam. Namun, pengalaman saya pinjam dana di Kredivo waktu itu, proses persetujuan dan pencairan bisa lebih cepat. Nggak sampai 1 x 24 jam, di hari yang sama, pinjaman saya sudah langsung cair ke rekening yang saya daftarkan. Kalau kondisinya kepepet banget, Kredivo sangat recommended buat pengajuan pinjaman. 

Sebagai fintech unggulan, Kredivo & TunaiKita memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau tertarik coba, maka kamu bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut sesuai dengan kondisi sendiri. Untuk kondisi saya, berhubung saya nggak punya kartu kredit, saat ini Kredivo sudah cukup mengakomodir kebutuhan saya untuk akses kredit secara online: baik transaksi barang atau pinjaman. Semoga review ini bisa membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *